Ketika Tubuh Menolak Susu

Gooo | 6:36 AM | 0 comments

Aduh hari gini masih ada saja yang menolak minum susu? Padahal kalau dipikir-pikir minum susu kan gampang, tinggal glek saja. Memang benar ada sebagian orang yag menolak meminum susu. Ini dikarenakan bukan bosan mengkonsumsinya, melainkan karena faktor tubuhnya yang menolak. Lho kok bisa?

Sayang sekali bagi mereka yang tidak mengkonsumsi susu, karena manfaat dibalik minuman satu ini banyak sekali walaupun hanya segelas sehari. Faktanya memang tidak semua orang bisa menikmati minuman yang menyehatkan ini.

Intoleransi laktosa, demikian nama ilmiahnya untuk menyatakan keadaan di mana tubuh sudah tidak mampu lagi mengolah laktosa atau kandungan gula alami yang terdapat dalam susu. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan enzim laktase, yang biasanya diproduksi oleh sel dalam lapisan usus halus.

Masalah ini biasanya baru muncul di atas usia dua tahun ke atas atau bisa juga bertahun-tahun demikian. Namun banyak juga orang yang tidak menyadari, karena bisa saja tidak ada tanda-tanda penolakan dari tubuhnya.

Wah orang-orang yang tidak bisa minum susu jadi tidak bisa mendapatkan kalsium dong?

Seandainya orang-orang yang tidak bisa minum susu diberi pilihan, pasti mereka lebih memilih bisa minum susu ketimbang tidak. Untuk menyiasatinya, penderita intoeransi laktosa dapat mengkonsumsi sayur-sayuran hijau seperti brokoli dan ikan tulang lunak seperti salmon dan sarden, karena makanan tersebut dikenal banyak mengandung kalsium tinggi. Jadi tidak usah kecil hati dan bingung, bila Anda termasuk salah satu penderita intoleransi laktosa adalah dengan mencari pengganti kalsium. [Radar Banjarmasin, 11/06/07]

Category:

About Gaya-HidupMu.Blogspot.com:
Kami mneyediakan informasi mengenai tips seputar gaya hidup modern untuk Anda

0 comments