Latihan Fisik Nuansa Spiritual

Gooo | 7:54 AM | 0 comments

Yoga merupakan latihan fisik penuh dengan nuansa spiritual. Tujuan ini lebih dari sekedar tubuh yang sehat, karena kesehatan juga merupakan pilar dari kebahagiaan. Tidak ada istilah terlambat untuk berlatih yoga. Siapapun bisa berlatih yoga. Meskipun demikian, bukan berarti yoga bisa dilakukan asal-asalan. Berlatih yoga khususnya yogasana alias senam yoga, membutuhkan berbagai persiapan yang harus diperhatikan. Bila tidak, hasilnya kurang optimal.

Yoga tidak banyak gunanya bila anda hanya berhenti memahami pengetahuan yogasana. Sebab , yoga menuntut pengalaman langsung, melalui praktik berlatih yoga. Praktik yoga akan sempurna bila Anda memperhatikan panduannya. Semua ini untuk memastika agar Anda tidak mencederai diri sendiri. Jangan yoga bila sedang sakit, menstruasi, atau hamil, kecuali melakukan gerakan tertentu yang disarankan. Konsultasikan kondisi Anda dengan instruktur yoga.

Lakukan pemanasan sebelum berlatih yoga, cukup dengan berlari-lari kecil di tempat, seraya mengibaskan jari tangan dan kaki, serta mengayunkan lengan beberapa saat. Setelah itu, yoga diawali dengan peregangan tubuh, mulai dari leher, bahu, tangan, pinggang, lutut hingga sendi pergelangan kaki. Perenggangan leher wajib dilakukan, untuk menghindari pusing selama beryoga dan menjaga kestabilan tubuh. Peregangan dapat dilakukan sambil duduk atau berdiri.

Dalam yoga klasik selalu menyertai senam yoga dengan pengaturan napas. Pengaturan napas dianggap penting, karena berhubungan dengan prana, alias energi. Prana yang terkendali memberikan manfaat kesehatan, kecerdasan, ketangkasan, peremajaan sel-sel tubuh, bahkan kekuatan supernormal, seperti kemampuan mendeteksi penyakit dengan indera keenam.

Dalam yogasana, menarik napas biasanya bersamaan dengan kepala dan badan tengadah, atau gerakan mengangkat tangan. Mengembuskan napas mengiringi tangan turun. [Banjarmasin Post, 20/12/06]

Category:

About Gaya-HidupMu.Blogspot.com:
Kami mneyediakan informasi mengenai tips seputar gaya hidup modern untuk Anda

0 comments