Makanan Sehat untuk Jantung Anda

Gooo | 7:46 AM | 0 comments

Suka makan tahu, tempe, susu kedelai, atau kecap? Berbagai produk olahan kedelai ternyata bisa menjadi salah satu nutrisi penjaga kesehatan jantung. Ada sejumlah makanan lain yang bisa dikonsumsi secara rutin. Bukan hanya enak tetapi bikin jantung kuat dan sehat!

Olahraga teratur, tidak merokok dan tidak minum-minuman beralkohol sudah dikenal bisa menjaga kesehatan jantung. Ternyata bukan hanya itu. Makan makanan tertentu secara teratur bisa memelihara jantung tetap sehat, seperti makanan berikut ini:

KEDELAI
Protein pada kedelai telah terbukti untuk mencegah serangan jantung. Kandungan protein dalam kedelai sangat baik untuk pengganti daging merah. Olahan kedelai seperti tempe, tahu dan kecap bisa menjadi selingan menu yang menyehatkan.

IKAN SALMON
Salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 yang baik  untuk mengurangi risiko peradangan dan menekan pembekuan darah. Biasakan untuk makan ikan salmon, tuna atau sarden minimal dua kali perminggu. Untuk jantung yang sehat, cobalah steak salmon dengan salad dan kucuri sedikit air jeruk lemon.

MINYAK ZAITUN
Mulai sekarang cobalah untuk mengganti minyak goreng Anda dengan minyak zaitun. Minyak zaitun membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena bisa menurunkan kadar kolesterol LDL.

OATS
Oats mengandung serat larut yang disebut beta glucan yang membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL. Selain itu, beta glucan juga membantu menjaga sistem pencernaan. Tambahkan madu, susu rendah lemak dan potongan stroberi agar jauh lebih nikmat sebagai menu sarapan.

APEL
Apel memiliki kandungan fitokimia yang disebut quercetin yang bertindak sebagai anti peradangan dan dapat membantu mencegah penggumpalan darah. Apel juga memiliki kandungan serat dan vitamin. Makan satu buah apel dengan campuran kacang kenari dan almond sebagai kudapan sehat.

KACANG ALMOND
Almond dan kacang-kacangan lainnya mengandung minyak sehat, vitamin E dan zat lain yang membantu menjaga kadar kolesterol. Almond juga merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak serat. Jadikan almond atau kacang-kacangan sebagai cemilan saat menonton TV.

RED WINE
Konsumsi red wine terbukti baik untuk jantung. Pasalnya red wine memiliki atioksidan tinggi yang disebut resverartrol. Kandungan senyawa yang baik melindungi jantung Anda.

BIJIAN UTUH
Setiap butir bijian utuh menyediakan vitamin dan serat yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat. Bisa berupa sandwich whole wheat dengan irisan daging ayam dan tomat. Mengenyangkan dan sehat!

SAYUR HIJAU
Sayuran hijau mengandung folat dan vitamin E, yang dapat menjaga kadar homoseistein. Konsumsi sayuran berdaun hijau juga dapat melindungi daya ingat karena faktor usia.
TOMAT
Tomat yang mengandung vitamin dan likopen telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Tambahkan irisan toamt pada sandwich atau pasta gandum. Bahkan, saus tomat dan tomat kalengan yang bisa dibeli di toko mengandung kadar lycopene dua kali lebih banyak dari tomat biasa. [Media Kalimantan, 16/02/11]

Category:

About Gaya-HidupMu.Blogspot.com:
Kami mneyediakan informasi mengenai tips seputar gaya hidup modern untuk Anda

0 comments