Padat Paling Aman

Gooo | 5:44 PM | 0 comments

Di tubuh manusia, silikon dipakai sebagai bahan pengganti bermacam-macam jaringan lunak seperti klep jantung, slang untuk keluarkan cairan otak, pengganti sendi, lensa mata, buah dada, buah zakar dan lainnya.

Untuk operasi bedah plastik, baik itu bertujuan rekonstruksi maupun estetis hanya gel silikon dan silikon padat. Yang paling aman silikon padat, sepanjang pemakaiannya benar-benar steril dan dipakai di tempat yang terlindungi lapisan jaringan yang tebal dan kaya darah.

Silikon padat terdiri atas lembar silikon atau bentuk implan buatan pabrik, digunakan untuk keperluan tertentu seperti protesis katup jantung, testis tiruan serta implan hidung dan pipi. Material tersebut merupakan bahan terbaik sebagai bahan implan guna memperbaiki tubuh manusia. Pasalnya, bisa diterima tubuh tanpa menimbulkan reaksi negatif. Begitu juga dengan gel silikon, yakni campuran silikon padat dan cair yang dibungkus dengan lembar silikon, biasanya digunakan untuk pembesaran buah dada dan buah zakar buatan.

Silikon cair memang paling mudah memakainya, tetapi paling banyak menimbulkan komplikasi. Pada kebanyakan kasus yang ditangani, kata Dharma, kemungkinan silikon cair tidak murni yang digunakan sehingga menimbulkan komplikasi.

Gambaran histopatologis (PA) setelah jaringan operasi diperiksa menunjukkan, mayoritas sediaan merupakan sel lemak dan infiltrasi sel radang didapatkan pula pada jaringan di bawah kulit (epidermis, dermis dan adnexa kulit). Selain merupakan faktor penyebab kerusakan jaringan ikat, silikon cair juga diduga dapat memicu reaksi autoimun (kekabalan tubuh) dan beberapa reaksi imunologi yang merugikan.

Pada kebanyakan kasus, silikon cair yang disuntikkan tidak murni yang biasa digunakan untuk kepentingan industrial, yakni silikon cair yang telah dilarang tetapi masuk ke Indonesia secara ilegal. [Banjarmasin Post, 19/07/07]

Category:

About Gaya-HidupMu.Blogspot.com:
Kami mneyediakan informasi mengenai tips seputar gaya hidup modern untuk Anda

0 comments